Selasa, 15 Januari 2013

FAQ Tentang Aplikasi EMIS

FAQ Tentang Aplikasi EMIS Prioritas urutan pekerjaan.
1. Selesaikan detail lembaga, sampe semua lembaga terkoleksi di dalam aplikasi.
2. Entry/Update Personal pegawai sampai selesai.
3. Entry detail siswa sampai selesai.
Hal yang perlu diperhatikan sebelum input data melalui aplikasi
1. Pastikan Nomor statistik belum digunakan oleh lembaga lain.
2. Perhatikan jika menuliskan tanda petik (‘), didalam aplikasi gunakan tanda (`) dibawah tombol esc.
3. NIP/No. Karyawan untuk detail personal diperhatikan secara seksama, jika untuk non-pns gunakan NIK/No. KTP sebagai pengganti NIP.
4. NIS Lokal untuk detail siswa, perhatikan secara baik supaya jangan hanya sekedar nomor urut, usahakan Kombinasi antara 12 Digit NSM baru dan 3 Digit nomor urut. NIS Lokal boleh disamakan dengan NIS Nasional jika siswa ybs sudah memiliki NIS Nasional. NIS Lokal tidak boleh kosong.
Tidak bisa masuk ke dalam aplikasi. Tidak bisa masuk ke dalam aplikasi disebabkan karena salah user name dan password. Atau juga disebab load traffic ke dalam server penuh sehingga terjadi deadlock komunikasi antara client dan server. User Pass tidak Nampak di jendela pilihan Log-in.
Hal ini terjadi tercoruptnya file di dalam database pengaturan. Segera Lapor dengan mengirimkan e-mail ke saleh_aziz@ymail.com untuk segera diperbaiki. Ketika masuk ke dalam aplikasi tertulis ‘Couldn’t connect’. Ini terjadi karena banyaknya user terhadap aplikasi sehingga akan mengakibatkan database menjadi ‘hang’. Solusinya segera lapor ke EMIS Team FB untuk segera diperbaiki. Sebentar lagi juga akan dipasang router/semacam pengatur lalu lintas komunikasi sehingga tidak akan terjadi antrian dan databse tidak akan menjadi ‘hang’. Ketika masuk ke dalam aplikasi proses loading lama. Hal ini terjadi karena overload capacity sehingga ibaratnya jalan raya kelebihan kendaraan yang melewatinya, sehingga terjadi macet. Solusinya gunakan saat jam-jam non sibuk (biasanya di luar jam kantor). Jendela pengaturan tidak dapat diedit. Fasilitas ini untuk sementara di skip saja alias langsung tekan tombol simpan. Kode wilayah dalam hal ini nama kecamatan tidak tersedia.
Silahkan e-mail ke saleh_aziz@ymail.com untuk penambahan kecamatan.
2
Tools ubah password tidak berjalan. Fasilitas ini untuk sementara waktu di cabut supaya tidak mengganggu kelancaran input data. Memasukkan data identitas lembaga baru, tetapi selalu muncul form kosong dan tidak menuju ke menu daftar lembaga. Cek NSS_baru, biasanya sudah digunakan oleh lembaga lain…silahkan lapor ke kankemenag setempat untuk perbaikan Nomor Statistik. Untuk aplikasi PTAI, setelah log-in, tetapi data nama lembaga tidak tersedia atau tampil, padahal data sudah diinput. Cek Nama Singkatan pada PTAI, nama singkatan harus sesuia dengan user name saat log-in. Data lembaga terlihat ganda/double.
Silahkan e-mail ke saleh_aziz@ymail.com identitas lembaga yang akan dihapus. Ubah Nomor Statistik, aplikasi menjadi eror. Hal ini dimungkinkan ubah nomor statistic tidak menggunakan fasiltas ubah NSM yang telah disediakan(untuk detailnya silahkan baca user manual). Data pada Form Tahun Statistik Hilang. Hal ini terjadi karena masih belum single user untuk masing-masing lembaga, namun tidak usah khawatir datanya tidak hilang, silahkan tinggal tambahkan tahun statistiknya. Data personal tercampur dari lembaga lain. Hal ini terjadi karena carut marutnya Nomor Statistik lembaga yang belum bersifat unik sehingga hal ini dapat terjadi. Selain itu juga diakibatkan NIP/No. Karyawan yang masih berupa no. urut biasa yang bukan merupakan nomor single unik. Data personal terlihat ganda atau double.
Silahkan e-mail ke saleh_aziz@ymail.com identitas lembaga dan personal yang akan dihapus. Data G-PAIS dan Pengawas tercampur dengan Kankemenag Lain. Memang untuk data G-PAIS dan Pengawas belum dipisah per kemenag kab/kota, karena hasil data 2010 diminta untuk update lokasi kemenag tetapi tidak dilaksanakan sampai dengan disetorkan ke EMIS Pusat, shg datanya tercampur dengan Kab/Kota lain tetapi hanya 1 propinsi. Data detail orangtua siswa pada detail siswa tercampur dengan siswa lain. Cek NIS lokal siswa, apakah ada yang sama. Data detail siswa terlihat ganda atau double.
Silahkan e-mail ke saleh_aziz@ymail.com identitas lembaga dan siswa yang akan dihapus.

0 komentar:

Posting Komentar